Tugas Pengantar Bisnis – Minggu 4 dan 5

KELAS            :  1EB21

DISUSUN OLEH

FADMA WARDANI ( 22212638 )

HIDAYATI HUSNUL A ( 23212468 )

NADYA YASMINE ( 25212222 )

SARI PUSPITA WIRYANI ( 26212856 )

SILVINA RAMADANI ( 27212014 )

TUGAS MINGGU 4-5 :

1. Sebut dan jelaskan kiat berwirausaha yang berhasil !

Mencari pasar khusus yang belum tergarap

Identifikasikan sebuah pangsa pasar khusus (niche market) yang kebutuhan utamanya belum terpenuhi oleh kompetitor. Bangun sebuah spesialisasi yang Anda tahu merupakan keunggulan dari perusahaan Anda.

Peka terhadap tren terbaru berani memulai

Carilah kebutuhan dan keinginan terbaru dari para konsumen yang tumbuh dari perubahan tren di segi kultural, ekonomi, teknologi yang menjadi sinyal kesempatan pasar baru. Bertindaklah dengan cepat, jangan menunda terlalu lama.

Lakukan!
Berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling “sempurna” untuk meluncurkan bisnis takkan pernah bisa diprediksi secara tepat dan pasti. Jangan biarkan para bakal calon kompetitor mencuri start dari bisnis yang sebenarnya bisa Anda mulai terlebih dulu. Mulailah bergerak. Ciptakan gol-gol pendek dan deadline yang membawa Anda lebih dekat untuk membuka lahan bisnis baru.

Hindari kata-kata yang mematahkan semangat

Abaikan orang-orang yang berkata “Itu tak akan berhasil” atau “Tak akan bisa berhasil kalau kamu melakukannya dengan cara itu”. Sesekali, menjauh dari anggapan yang menurunkan semangat dan aturan baku bisa membantu Anda untuk meraih kesuksesan. Perhatikan dan pelajari cara para pebisnis yang sukses di bidang mereka dengan pandangan yang kritis. Pelajari cara mereka bekerja dan program yang mereka lakukan. Ajukan pertanyaan-pertanyaan “bagaimana jika” di dalam pikiran Anda.

Eksplorasikan kelemahan competitor

Ambil pandangan kritis terhadap kompetisi Anda dari perspektif konsumen. Dengarkan baik-baik akan kebutuhan dan komplain dari konsumen prospektif saat melakukan telepon sales. Hal ini akan membantu mengidentifikasi kekurangan dan kelemahan kompetitor.

Isi kekosongan

Pusatkan pandangan Anda di area yang lupa ditutupi oleh kompetitor Anda. Pelajari bagaimana mengantisipasi area baru yang bisa Anda isi dengan servis atau bisa memposisikan bisnis Anda lebih cepat dari kompetitor Anda.

 Tenar dengan dana minim

Pikirkan cara bagaimana agar lebih dikenal dengan dana seminim mungkin. Jangan terlalu menutup diri, jadilah kreatif, beranikan diri untuk makin dikenal banyak orang (tapi untuk alasan yang baik). Tukar ide dengan orang-orang terdekat Anda.

 Percaya kemampuan diri

Bangun dan belajar untuk menggunakan kekuatan intuisi Anda. Dengarkan hati Anda. Akan ada saat-saat Anda harus memilih bermain aman atau justru bermain nekat untuk menghadapi tantangan bisnis. Orang-orang sekitar Anda juga memberi masukan yang beragam, sehingga yang bisa Anda percayai hanyalah diri dan hati Anda.

 Jangan biarkan kesulitan atau kegagalan mengalahkan Anda

Jangan biarkan batasan yang diciptakan oleh orang lain atau keadaan yang menjepit membuat Anda lemah. Banyak wirausahawan yang menutup usaha mereka karena tidak percaya pada diri sendiri. Sebagai wirausahawan, Anda akan menghadapi masa-masa penuh stres yang akan menguji kepercayaan Anda. Ingatlah, bahwa alat untuk mengusir kegundahan itu adalah kegigihan dan daya lenting. Percayalah pada konsep bisnis Anda dan komitmen diri untuk melihat bisnis ini sukses.

 Jangan berhenti berinovasi

Secara kontinu, carilah cara-cara baru untuk memperkenalkan produk-produk baru dan servis untuk konsumen langganan Anda dan pasar baru yang Anda temui. Berpuas diri adalah hal yang bisa membahayakan perusahaan Anda. Sesuaikan bisnis Anda dengan tren pasar.

2. Berikan masing-masing 3 contoh usaha franchising local dan asing untuk bidang pendidikan, kesehatan, jasa, makanan/minuman !

Franchising Lokal :

ü  Bidang Pendidikan

–          ILP (International Language Programs)   –   Primagama        –    Nurul Fikri

–          English First                                       –    LP3i

ü  Bidang Kesehatan

  • Apotek K24                                        –   Optik Melawai
  • Optik Seis                                           –   Century, Rebel Gym
  • Rumah Sakit Mitra Keluarga

ü  Bidang Jasa

–          Star Express : Garai Kurir

–          Tiki : Jasa Kurir

–          JNE : Jasa Kurir

ü  Bidang Makanan/Minuman

  • Kebab Turki Baba Rafi : Bisnis makanan dengan menu utama kebab
  • Bakso Malang Kota Cak Eko : Bisnis restoran dengan menu utama bakso
  • Coffe Toffe :    Bisnis minuman kopi
  • Ayam goreng Ny. Suharti, beef bowl, ayam goerng mbok berek, es teller 77, Holland bakery

Franchising Asing :

ü  Bidang Pendidikan

  • Wall Street Institute. Wall Street (Hunggaria)
  • ELC. Early Learning Center,Ltd (Inggris)
  • KIDZART. Kid Art Texas LLC (Texas)
  • Toddler Kindy Gymbaroo Pte Ltd (Australia)

ü  Bidang Kesehatan

  • General Nutrition International, Inc (Florida, AS)
  • The Body Shop International Plc (Inggris)
  • RS Global, RS Omni, RS Medistra

ü  Bidang Jasa

–          Crestcom. Crestcom International,LLC (AS)

–         Online Trading Academy ( California,AS)

–          Young Chefs Academy. Young Chefs International (AS)

ü  Bidang Makanan/Minuman

  • 7-Eleven.7-Eleven Inc (Texas,AS)
  • MOS Burger. MOS Burger Inc. (Jepang)
  • Pizza Hut. Yum Asia Franchise Pte Ltd ( Singapura)
  • Mc Donald,  A&W,  KFC, Pizza hut, Dunkin donuts, Baski robins

3. Jelaskan perbedaan antara kewirausahaan dan bisnis kecil !

Perbedaan antara kewirausahaan dengan bisnis sangat begitu mendasar. Pada umumnya kewirausahawaan memiliki badan hukum yang jelas, sedangkan bisnis kecil jarang yang memiliki badan hukum yang jelas. Selain itu, bisnis kecil sangat bergantung pada lingkungan pasar. Dari sistem managerialnya pun berbeda, sistem managerial kewirausahawan lebih baik dibandingkan sistem bisnis kecil. Kewirausahawan lebih meningkatkan hasil dari suatu produknya, sedangkan bisnis kecil lebih meningkatkanpada laba yang akan didapatkan. Pada wiraswasta adanya visi,misi dan strategi dalam melanjutkan dan mengembangkan usahanya. Tetapi, dalam bisnis kecil yang menjadi prioritas adalah tercapainya laba sebesar-besarnya.

Perusahaan Kecil :

1.     Umumnya dikelola pemilik

2.     Struktur organisasi sederhana

3.     Pemilik mengenal karyawan

4.     Presentase kegagalan perusahaan tinggi

5.     Kekurangan manajer yang ahli

6.     Modal jangka panjang sulit diperoleh

Perusahaan Besar :

1.     Dikelola bukan oleh pemilik

2.     Struktur organisasi kompleks

3.     Pemilik hanya mengenal sedikit karyawan

4.     Presentase kegagalan rendah

5.     Banyak ahli manajemen

6.     Modal jangka panjang relatif mudah didapatkan

4. Buatlah 1 denah/lay out missal : mal, RS tiap kelompok berbeda !

BEKASI CYBER PARK

–          Lantai Dasar    :  Hari-hari Swalayan, Pameran, RB

–          GF                        :  Tempat HP, Pameran mobil dan motor, Mcd, Domino, Solaria, Cipaganti

–          Lantai 1             :  Tempat laptop dan komputer, Hard Chicken, Food Court

–          Lantai 2             :  Gereja Tibenas, Helios Fitnes, Grand Orange, Gloria Jeans

–          Lantai 3           :  Blitz Megaplex, Kantor manajemen

METRO INDAH MALL

    

    

NB : Jika gambar tidak terlihat sudah ada di print out !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s