Tugas Pengantar Bisnis – Minggu 6

KELAS            :  1EB21

DISUSUN OLEH

FADMA WARDANI ( 22212638 )

HIDAYATI HUSNUL A ( 23212468 )

NADYA YASMINE ( 25212222 )

SARI PUSPITA WIRYANI ( 26212856 )

SILVINA RAMADANI ( 27212014 )

TUGAS MINGGU 6 :

  1. Sebutkan perbedaan jenis pasar dan masing-masing beri 3 contoh !

Perbedaan Jenis Pasar

Pasar yang ada dalam masyarakat dapat dibedakan menurut wujudnya, banyaknya penjual dan pembeli, luasnya kegiatan, waktunya, dan jenis barang yang diperjualbelikan.

No

Golongan

Jenis Pasar

Ciri-ciri

Contoh

1.

Berdasarkan Wujudnya Pasar Konkrit –  Barang yang    diperjual belikan benar- benar ada atau nyata.

– Penjual dan pembeli bertemu secara langsung.

–  Transaksi dilakukan secara tunai.

– Barang dapat dibawa/diambil pada saat itu juga.

Pasar-pasar tradisional,  swalayan, pertokoan, pasar eceran, pasar grosir ; dll
Pasar Abstrak    – Barang yang diperjual belikan tidak tersedia/hanya contoh.

–  Transaksi dilakukan dalam partai   besar

– Penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya.

– Transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya.

Pasar uang, pasar modal, pasar barang berjangka, pasar tenaga kerja, dan pasar valuta asing.

2.

Berdasarkan Waktu Terjadinya Pasar Harian        Kegiatan jual belinya dilakukan  tiap hari. Pasar pagi,     toserba, dan warung-warung
Pasar Mingguan     Pasar yang melakukan aktivitas

setiap satu minggu sekali.

Pasar senin atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan
Pasar Bulanan
  • Ø Pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali
  • Ø Dalam aktivitasnya bisa satu hari   atau lebih
Pasar yang biasa terjadi di depan kantor-kantor tempat pensiunan mengambil uang tunjangan pensiunannya tiap awal bulan.
Pasar Tahunan
  • Ø Pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali
  • Ø Lebih dari satu hari, bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan
Pekan Raya Jakarta, pasar malam, dan pameran pembangunan
Pasar Temporer
  • Ø Pasar yang dapat terjadi sewaktu-  waktu dalam waktu yang tidak tentu
  • Ø Biasanya terjadi pada peristiwa    tertentu
Pasar murah, bazar, dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI.
  3. Berdasarkan Luas Jangkauannya Pasar Pasar Lokal – Pasar yang daerah pemasarannya

hanya meliputi daerah tertentu

–    Hanya menawarkan barang – barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya.

Pasar Johar (Semarang), Pasar Kliwon (Kudus), Pasar Baru (Jakarta), Pasar Klewer (Solo).
Pasar Nasional –    Pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara atau bangsa tertentu. Pasar modal, pasar valas, dan pasar bahan mentah
Pasar Internasional –    Pasar yang wilayah pemasarannya mencakup seluruh kawasan di dunia. Pasar karet di New York, pasar tembakau di Bremen, pasar intan di Amsterdam, pasar minyak bumi di Uni Emirat Arab, dan pasar kopi di Sao

Paulo.

4. Berdasarkan Hubungannya Dengan Proses Produksi Pasar Output
  • Ø Pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi (biasanya dalam bentuk jadi).
Pasar sehari-hari, pasar buah, pasar sayur-sayuran, pasar ikan ; dll
Pasar Input
  • Ø Tidak berwujud fisik tetapi berwujud kegiatan
  • Ø Permintaan dan penawaran faktor produksi dilakukan dalam jumlah besar
  • Ø Jenis penawaran dan permintaan faktor produksi sesuai dengan produksi yang dihasilkan
  • Ø Penawaran faktor produksi kadang merupakan monopoli sementara permintaan faktor produksi yang bersifat kolektif
Pasar Sumber Daya Alam/ Tanah,   Pasar Tenaga Kerja, Pasar Modal, Pasar Faktor Produksi Kewirausahaan

 

Ciri-ciri

Jenis Pasar (Berdasarkan Strukturnya (Jumlah Penjual Dan Pembeli)

Persaingan Sempurna

Monopolistik

Oligopoli

Monopoli

Jumlah Produsen atau penjual Banyak penjual, setiap penjual memiliki pangsa pasar yang amat kecil Banyak penjual tetapi arti dari tiap penjual tidak terlalu kecil Sedikit Hanya satu
Tingkat diferensiasi produk Produk persis sama (homogen) Produk mempunyai keistimewaan tertentu, namun mungkin saling menggantikan Beberapa di antaranya identik, beberapa lainnya terdiferensiasi Tidak mempunyai produk pengganti
Kemampuan produsen menentukan harga Tidak dapat menetapkan harga Mempunyai kekuasaan untuk menentukan harga Ada beberapa kekuasaan pengendalian Kekuasaan untuk menentukan harga sangat besar
Metode pemasarn atau penjualan Pertukaran di pasar, lelang Iklan , persaingan mutu Iklan,persaingan harga, bonus Iklan promosi lewat humas
Keterlibatan Sektoral dalam perekonomian Dalam sektor pertanian, komoditi-komoditi yang dipasarkan secara intenasional Sangat umum di segala sektor perekonomian Sangat umum di segala sektor perekonomian Sarana dan prasarana (utilities), industri-industri yang sangat “dilindungi” karena pertimbangan khusus
Contoh produk yang diusahakan Padi,jagung dan berbagai produk pertanian khususnya tanaman pangan Sabun, deterjen,pasta gigi,obat-obatan, kosmetika dan pakaian jadi Semen, baja, kertas, pupuk, mesin, mobil, minyak ( di dunia) Listrik, telepon,air minum, gas, dan bahan bakar minyak (di Indonesia)

2. Buatlah skema bauran pemasaran !

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran .(Ad. Payne, 1995:31)

Bauran pemasaran terdiri dari:

  1. Produk. Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan oleh individu, rumah tangga, maupun organisasi ke dalam pasar untuk diperhatikan, digunakan, dibeli, maupun dimiliki.
  2. Harga. Harga adalah sejumlah nilai yang dipertukarkan untuk memperoleh suatu produk.
  3. Tempat. Tempat adalah menyediakan produk kepada konsumen pada tempat yang tepat, kualitas yang tepat, dan jumlah yang tepat.
  4. Promosi. Promosi adalah kegiatan-kegiatan untuk mengkomunikasikan kelebihan-kelebihan produk dan membujuk konsumen untuk membelinya.

Dari uraian di atas dapat dilihat pada bagan di bawah ini:

3. Sebut dan jelaskan tujuan sistem pemasaran !

Tujuan Sistem Pemasaran

Ada empat alternatif yang menjadi tujuan sistem pemasaran, yaitu :

1.      Memaksimalkan konsumsi

Kegiatan – kegiaatan pemasaran yang telah dijalankan seharusnya dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimalbagi masyarakat.

2.      Memaksimalkan kepuasan konsumen

Pandangan lain mengatakan bahwa tujuan sistem pemasaran adalah memaksimalkan kepuasan konsumen, bukan memaksimalkan konsumsi. Tetapi kepuasan konsumen sulit untuk diukur. Pertama, karena belum adanya tolak ukur kepuasan konsumen terhadap penggunaan suatu produk atau terhadap aktivitas pemasaran. Kedua, kepuasan yang diperoleh terkadang diikuti kondisi yang kurang menyenangkan, seperti pencemaran dan kerusakan lingkungan. Ketiga, kepuasaan sewaktu mengkonsumsi produk tertentu (barang bergengsi) sangat relatif, yaitu tergantung pada sedikit banyaknya orang lain yang mengkonsumsi barang tersebut.

3.      Memaksimalkan pilihan

Tujuan lain dari sistem pemasaran adalah memaksimalkan ragam produk dan pilihan konsumen. Meskipun sistem ini memungkinkan konsumen untuk menemukan produk yang dengan tepat dapat memuaskan selera serta memaksimalkan gaya hiduup mereka, tetapi kompensasinya adalah peningkatan biaya. Pertama, karena produk yang semakin mahal dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan nyata dan konsumsi konsumen. Kedua, pertambahan ragam produk tentu membutuhkan lebih banyak waktu konsumen untuk menentukan pilihannya.

4.      Memaksimalkan kualitas hidup

Sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatkan taraf hidup melalui kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga barang serta jasa, kualitas lingkuungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya. Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa mutu hidup adalah tujuan yang bernilai bagi sistem pemasaran, meskipun tidak mudah mengukurnya karena setiap individu mempunyai penilaian berbeda terhadap suatu produk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s